Senin, 07 Januari 2013

Pocong Kebon Duren

Di kampung paman ane itu kalaw lagi musim duren yang punya kebon pasti ngejagain kalaw malam, maklum kata paman ane masih banyak maling duren disana. Kebetulan beliau punya kebon duren ga gede sich, tapi buahnya lagi lebat2 waktu itu, sasaran empuk buat maling. Sambil nunggu adzan maghrib beliau ngemasin perbekalan yang mau dibawa ke kebon ntar, mulai dari senter, lampu petromax, dll. Pas adzan berkumandang beliau sholat dulu. Ga lama temannya dateng yang uda janjian sebelumnya. Berangkat lah dua sejoli ini ke kebon.

Sampenya di kebon mereka nyisir dulu keliling kebon buat meriksa ada durian jatuh ataw ga, abis itu mereka langsung ke pondokan yang ada ditengah kebon (kalaw orang Jawa bilangnya saung kali ya ). Sambil cerita2 gitu mereka nungguin duren yang mungkin jatuh. Lagi asyik2nya ngobrol kedengeran dach tu bunyi duren yang jatuh 3 kali, replek dong mereka nyari dari arah bunyi tersebut. Uda disenterin ga nemu duriannya, trus balik lagi mereka ke pondokan sambil ngeluarin perbekalan yang dibawa tadi.

Ga lama kedengeran lagi tu bunyi duren dari arah belakang pondok, kali ini bunyinya 4 kali. Kata paman ane tu bunyi perasaan deket, tapi pas dicari2 masih ga nemu. Mulai dari sini beliau uda merasa merinding. Kata temannya sich "Nyantai ajha, kita kan ga ganggu mereka". Trus kedengeran lagi satu kali dari depan pondok, tapi uda ga ditanggepin sama beliau (karena takut mungkin). Karena merasa keganggu, temannya paman ane beraniin diri nyisir tu kebon sendirian ninggalin paman ane sendirian di pondok. Lama banget paman nungguin di pondokan, ga balik2 juga. Akhirnya beliau beraniin diri nyusulin temannya.

Ditengah kebon beliau ketemu sama temannya. Anehnya posisi temannya jongkok gitu sambil nyandar di pohon gitu, tatapan matanya kosong, melotot kayak memperhatikan sesuatu. Dipanggil sama paman ane ga nyaut2 juga, pundaknya juga ditepok2 masih ga sadar juga. Karena penasaran, diliat dech tu apa yang dipelototin temannya sama paman ane. Dan Allhamdulillah ya sesuatu, ada orang yang dibalut kain putih kumal, kotor yang da lama banget ga dicuci2 (yang biasa disebut orang pocong) dengan mata merah menyala menatap teman paman ane tersebut.

Kata paman ane tu bencong.. upz, pocong maksudnya badannya gede banget, dan anehnya paman ane kayak ga dianggep sama tu pocong. Tu pocong cuma melototin temannya ajha. Karena merasa takut yang ga terkira beliau langsung ngibrit ninggalin temannya tersebut. Sampenya dirumah beliau langsung lapor ke bapaknya, dan bapaknya langsung ngumpulin tetangga terdekat buat menjemput temannya itu tadi.

Sampenya di kebon, bergegas langsung mereka nyari temannya tadi. Ternyata posisi temannya belum berubah2 juga, masih jongkok melotot gitu, padahal tu pocong uda ngilang. Digotong dech tu sama warga ke rumah warga terdekat. Kata paman ane, pas diangkat badan temannya berat banget, sampe 6 orang yang gotong tu temannya. Sampe di rumah warga tersebut temannya disadarin sama yang punya rumah yang kebetulan bisa hal2 gaib. Kata yang punya rumah, temannya itu sering mengucap kata2 kotor pas di kebon tadi, makanya tu pocong marah.

Pesan ane sich jangan ngucap kata2 kotor di sembarang tempat. Selain dosa, penghuni setempat juga bisa keganggu dan marah. Sekian cerita dari ane. Wasallam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar